Sabtu, 24 September 2011

Biografi Nicky Hayden

,
wiGa's Blog - Nicky Hayden (bernama asli Nicholas Patrick Hayden; lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat, 30 Agustus 1981) adalah seorang pembalap MotoGP berkewarganegaraan Amerika Serikat. hayden lahir dari keluarga pembalap (ayah & saudara-saudaranya adalah seorang pembalap) seperti Ayah dan ibunya,Earl hayden dan Rose Hayden dulunya adalah pembalap. Tak heran bila dia dan saudara-saudaranya (Tommy hayden, Roger Lee hayden, Jenny, dan Kathleen hayden) pun terjun ke lintasan.

Nicky Hayden

Beginnings and AMA Championship

Nicky Hayden sudah balapan sejak masih umur 3 tahun.Malahan,di usia sangat kecil itu,dia sudah ikut musim balap penuh,bak pembalap amatir umur 23 tahun.Lomba-lomba pertamanya dijalani di sekitar 35 sirkuit di negara bagian Kentucky (kampung halaman Hayden), Tennessee, Illinois, dan Ohio.Dia terjun di kelas Pee Wee 50,fantastic history.

Jadwal balap Hayden sangat intensif. Dia bisa balapan setiap hari, sejak Rabu hingga Sabtu malam.Pada usia balita inilah Hayden sudah berkata kepada sang ayah, bahwa dia kelak ingin jadi juara dunia. Earl pun menyediakan segalanya untuk Hayden.Termasuk membangun sirkuit aspal kecil di kawasan tempat tinggal mereka di Owensboro, Kentucky.Saat.

usianya menginjak 5 tahun, Hayden sudah diikutkan di kelas 80 cc,melawan anak-anak umur 7 sampai 11 tahun. Pada usia 8 tahun, dia naik motor off-road YZR50, balapan jauh dari rumah, di kawasan Oklahoma.Hayden memang ajaib di atas dua roda. Dia bisa balapan di berbagai tipelintasan, mulai tanah sampai aspal. Kemampuannya ini menarik perhatian Kenny Roberts, mantan raja grand prix motor di akhir 1970-an dan awal 1980-an.
 
hayden & family
Pada umur 17 tahun, Hayden sudah membalap di team pabrikan Honda menggunakan Honda RC45/ Di tahun 1999 Hayden berhasil menjadi juara nasional AMA Supersport walau bermodal CBR 600 team privateer Honda.

hayden di ama supersport


Pada tahun 2001, Hayden naik ke jenjang AMA Superbike. Di seri pertamanya, Hayden sukses mengoleksi 40 poin, hasil 2 kali juara runner-up di 2 race. Di tahun 2002, Hayden menunjukkan kematangannya dengan meraih juara nasional AMA Superbike, mengalahkan juara bertahan 3x berturut-turut, Mat Mladin. Di tahun ini pula Hayden menjadi pembalap wild card World Superbike di sirkuit Laguna Seca dan berhasil meraih posisi 4 di race pertama, di race kedua, hayden DNF karena bertabrakan dengan Noriyuki Haga

Grand National Championship

hayden di dirt track

Hayden adalah satu dari beberapa pembalap dirt track yang sukses di ajang Road Race. Di tahun 1999 Hayden meraih juara seri pertama dan meraih rookie of the year. Di tahun 2002 di sirkuit Springfield TT. Keluarga Hayden berhasil menguasai podium teratas (Nicky 1st, Tommy 2nd, and Roger Lee 3rd)

MotoGP

First years(2003)



hayden di motogp

 Setelah menjadi juara umum AMA Superbike, Hayden dikontrak Honda untuk bergaabung dengan team Repsol Honda, bersanding dengan sang juara dunia, Valentino Rossi. Di tahun pertama ini, Hayden menempati posisi kelima diklasemen akhir dan berhak meraih penghargaan rookie of the year. Di tahun 2004 Hayden terlihat tenggelam dengan hanya meraih posisi kedelapan di klasemen akhir, dan mendapat kritik karena hasil itu. Di tahun 2005 Hayden menjawab semua itu dengan meraih posisi ketiga diklasemen akhir, dibelakang Valentino Rossi dan Marco Melandri. Di tahun ini pula Hayden merasakan podium pertama di kelas tertinggi, MotoGP

2006

hayden & pedrosa di estoril 2006
Di tahun ini Hayden menjadi ujung tombak pabrikan Honda, dan bersaing secara ketat dengan mantan teammate nya, Valentino Rossi. Di seri Estoril, Hayden sangat marah kepada teammatenya, Dani Pedrosa karena Pedrosa dengan sukses menabrak Hayden di tikungan dan membuat keduanya tidak dapat meneruskan perlombaan, masalah ini berbuntut panjang, karena gara-gara masalah ini, posisi Hayden di klasemen umum tergusur oleh Rossi dan hanya tersisa 1 seri lagi. Hal ini membuat hayden marah kepada Pedrosa. Kesalahan Pedrosa dibayar di seri akhir, dengan memberikan posisi kedua kepada Hayden, dan menjaga Hayden di belakangnya. Dengan bantuan Pedrosa dan kemalangan Rossi, Hayden meraih gelar juara dunia MotoGP 2006


selebrasi mengharukan saat memastikan juara dunia (2006)


Hasil ini membuat dirinya menjadi pembalap terakhir yang menjuarai MotoGP 990cc/ Di bulan September 2006, Hayden memperpanjang kontrak dengan team Repsol Honda untuk musim 2007 dan 2008.

2007

hayden saat memakai nomor 1 (2007)

Di tahun 2007 MotoGP menggunakan regulasi mesin 800cc, dan Hayden adalah pembalap pertama kali yang berhak mendapat angka #1. Tetapi di tahun ini hayden tidak menunjukkan kapasitasnya sebagai sang Juara Dunia, Hayden hanya meraih klasemen akhir kedelapan. Akhirnya Hayden harus merelakan angka #1 direbut oleh Casey Stoner.

Di tahun ini Hayden dan saudara-saudaranya merilis buku autobiografinya The Haydens: Nicky, Tommy, & Roger, from OWB to MotoGP di sirkuit Laguna Seca

2008





Di seri Doningthon Park, Honda mencoba pneumatic valve di motor Hayden, di seri berikutnya di Assen, Hayden sudah pasti meraih podium ketiga, tetapi bayangan podium ketiga itu lenyap karena RC212V Hayden kehabisan bahan bakar di tikungan terakhir!  Ini dikarenakan piranti elektrik yang bertugas mengukur takaran bahan bakar mengalami kerusakan, akhirnya Edward mengambil podium Hayden di depan matanya. Di tahun ini Hayden mulai tidak akur dengan team Repsol Honda, dan kekesalan Hayden dengan teamnya memuncak saat teammatenya, Pedrosa memilih mengganti ban dari Michelin ke Bridgestone, tanpa berkonsultasi ke Hayden, dan hayden mengungkapkan kekecewaannya denga berkata:
“Saya belum pernah dimasukkan ke dalam kondisi untuk memilih Begitu mereka mengatakan bahwa saya akan hanya membuang-buang waktu saya telah saya bahkan hanya berpikir tentang meminta ban Bridgestone. Saya tidak terkejut mereka telah memberi mereka kepadanya Selain itu, di Misano aku bahkan tidak memiliki garpu sama Dani … tidak akan saya pikir mereka akan membiarkan saya mencoba ban baru. “
Rumor pun merebak kalau Hayden akan hengkang dari Honda setelah musim 2008 berakhir, dugaan itu pun menjadi kenyataan saat tanggal 15 September 2008, Hayden menyatakan kalau dia pindah ke Team Ducati Malboro, dan menjadi teammate Casey Stoner di musim 2009. Dengan demikian Hayden mengakhiri hubungan sepuluh tahun dengan Honda.

2009

hayden saat test di ducati (2009)

Di Ducati, Hayden merasa senang dengan suasana team, tetapi suasana itu tidak membuat ia menjadi hebat dilintasan, mulai dari test pra-musim, Hayden terlihat kesulitan beradaptasi dengan motor Ducati, beberapa kali Hayden DNF dan finish dibawah sepuluh besar. Hayden hanya pernah mendapatkan podium, dan itu hanyalah podium ketiga di sirkuit Indianopolis. Hasil buruk ini membuat Hayden terpuruk di posisi 13 di klasemen akhir, posisi terburuk hayden selama 7 tahun berkarir di MotoGP. Hasil buruk ini tidak membuat Hayden jera, ini terbukti pada tanggal 9 September 2009, hayden memperpanjang kontraknya di Ducati untuk musim 2010

2010

Di awal musim 2010 Hayden curhat, bahwa ada tekanan dari penonton Amerika untuk salah satu dari tiga pembalap Amerika (dirinya, Colin Edwards dan Ben Spies) untuk memenangkan juara dunia MotoGP 2010
Di tahun ini, Hayden mulai dapat beradaptasi dengan GP10, ini dibuktikan Hayden dengan meraih posisi ketujuh diklasemen akhir pembalap musim 2010. Meraih podium tiga di Sirkuit Aragon.

hayden on podium aragon

manuver memperebutkan podium terakhir(posisi 3) di aragon

2011

hayden & rossi

 Di tahun 2011, Hayden bersama dengan mantan teammatenya di Repsol Honda dan musuh bebuyutannya di musim 2006, Valentino Rossi, Hayden berharap kehadiran Rossi dapan meningkatkan performa dirinya dan Ducati GP11. Dan sepertinya kedatangan Rossi tidak begitu berpengaruh atas keberhasilannya. Ini terbukti hingga seri Laguna Seca, hayden masih berada di posisi ketujuh klasemen sementara MotoGP 2011.


 photogallery :

cartoon hayden




Nicky Hayden & Honda




Nicky Hayden & Ducati



special livery hayden

Nomor start #69 dipilih nicky hayden sebagai nomor balapnya karena itu adalah no start Ayahnya sewaktu masih menjadi pembalap.Ayahnya berkata kalau dia memilih angka 69 supaya masih bisa dibaca ketika motornya terbalik ditanah,that statement interesting and unique.

nicky hayden | 69

0 komentar to “Biografi Nicky Hayden”

Posting Komentar

 

Wiga Maulana Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates