Sabtu, 21 Maret 2015

perubahan yang tak terduga

,
Hello para netizen! udah lama gak ngeposting artikel diblog aku nih, udah hampir 2 tahunan. well, mungkin karna schedule aku yang padat setiap harinya setelah memasuki masa kuliah ini. oh ia bagi yang belum tau, aku kuliah dipoliteknik caltex riau udah mau masuk semester 4 awal april ntar.

Oh ia, aku pengen cerita tentang kejadian dan juga mungkin takdir yang tak terduga dalam hidup aku dalam 6 bulan belakangan ini (read: dari bulan oktober-an lah *ciyaelah). Jadi pas bulan oktober tahun 2014-an kemarin tuh ada pengumuman pendaftaran CPNS formasi tahun 2014, dan mama aku ngebujuk aku agar ikut cpns tuh. sebenarnya aku gak tertarik lagi sih untuk ngelamar" kerja yang kayak begituan, karna dari awal aku masuk kuliah di PCR sebenarnya udah mencoba ikut loker (read: loker = lowongan kerja) yang dari Pertamina, STAN, dan Angkasa Pura II. Tetapi, semuanya gagal disaat baru pendaftaran administrasinya, disebabkan karna mungkin karna sekolah asal aku yg kurang memenuhi klasifikasi mereka kali ya. Kalau STAN gagal dites tertulis (read: soalnya sulit tingkat dewa coy haha). Well, dari situ buat mental aku ngedrop gitu untuk ikut lowongan kerja lagi.

Jadi berkat dorongan dari mama aku, aku jadi tertarik untuk ikut cpns formasi tahun 2014 ini, mana tau rejeki kan. Jadi setelah searching" di situs bkn mengenai kementerian mana yang akan kupilih dan sesuai dengan label pendidikan terakhir aku yaitu tamatan SMA dan aku akhirnya pilihan aku jatuh di Kementerian Perhubungan. Well, searching" lagi mengenai jabatan apa yg dipilih dikementerian perhubungan ini, pilihan aku jatuh di Avsec officer, dan petugas apron. dia ada 3 pilihan sih, aku milih avsec officernya jadi 2 pilihan hehe untuk avsec officer aku ambil yg penempatannya di labuan bajo dan rengat, lalu petugas apron yg di labuan bajo.  jadi untuk pilihan pertama: avsec officer di labuan bajo, pilihan kedua: petugas apron di labuan bajo, pilihan ketiga: avsec officer di rengat. semua pilihan jabatan aku tuh berada pada unit kerja Direktorat jenderal perhubungan udara di Kementerian Perhubungan. dan persaingan untuk avsec officer dan petugas apron ini sangat ketat, karna yang diterima hanya untuk 1 orang saja. dia ada banyak sih pilihan jabatannya, tetapi lihat dari pendidikan akhir kita juga, karna aku klasifikasi tamatan sma, jadi aku pilihlah itu.

formulir pendaftaran CPNS formasi tahun 2014

kenapa aku memilih labuan bajo? karna sambil aku bekerja disana sambil juga menikmati hamparan alamnya yang luar biasa (read: liburan). siapa yg gak tau keindahan alamnnya disana ditambah dengan taman nasional komodo *ciyaelah ngiklan. jadi ibarat pepatah "sambil menyelam minum air" haha tetapi yang paling terpenting dari segalanya yaitu merantau untuk membuka wawasan aku tentunya dan juga mengabdi kepada ortu aku.

kota Labuan Bajoi, NTT source: aidin studio

Jadi setelah ngedaftar administrasinya, nungguin pengumuman kelulusan administrasinya sekitar sebulan. nah alhamdulillah aku lulus pendaftaran administrasinya, step one passed *tsaaah  lalu baru deh tes TKD yaitu tes kompetensi dasar, melalui sistem online CAT. jadi udah gak kayak dulu lagi tesnya yaitu tes tertulis pakai lembar jawaban dan soal kertas. katanya kenapa sistem tes tertulisnya online CAT untuk mentransparan kan dan menghindarkan dari KKN (read: mari kita buktikan kedepannya haha). dia ada juga sih tes TKB setelah tes TKD tetapi untuk pilihan jabatan tertentu. nah untuk tes TKD bagian provinsi Riau yaitu sekitar pertengahan november, aku lupa tanggal berapanya haha untu Riau digabung dengan Sumatera Barat.

Untuk tes TKD ini, aku cuma bermodalkan satu buku dan itupun minjam dari kakak sepupu. thanks banget deh untuk kakak sepupu aku tuh. jadi untuk bisa lulus tes TKD ini pertama tama kita harus melewati passing grade dulu, dia ada tuh standar nilainya untuk setiap bagian sub bagian soal TKDnya. jadi tes TKD ini didalam soalnya terbagi lagi 3 bagian. (read: bagi yang ikut cpns mungkin ngerti dengan apa yg aku bilang nih haha). nah setelah aku mengikuti tes TKDnya, aku berhasil melewati passing grade-nya dan meraih skor 338. lumayanlah, disaat sesi tes bagian aku, aku meraih peringkat pertama dari sekitar 250 org yg ikut tes disesi itu (read: ini aku yg pintar atau orang"nya yang kurang belajar ya hehe). atau gak lumayan jg, karna itu masih tergolong rendah dari skor maksimal yaitu 500. dan belum berhenti disitu, nanti setelah semua provinsi selesai dengan tes TKD-nya, maka akan digabungkan semua skor nilai peserta dari setiap provinsi secara nasional. well, persaingan sangat ketat bung! ada sekitar 22.000 peserta cpns dari kementerian perhubungan formasi tahun 2014.

Nah setelah tes TKD kita tinggal menunggu pengumuman akhir kelulusan, dan awal bulan februari akhirnya diumumkan. alhamdulillah, aku lulus tes TKD ini. dan lulus di pilihan pertama yaitu Avsec officer di labuan bajo, ntt. aku bersaing dengan 22.000 peserta lainnya untuk memperebutkan jatah 1 orang di pilihan ini. ini juga mengubah pandangan aku mengenai tes untuk masuk CPNS yang selama ini aku dengar dari banyak orang, karna prosesnya yang kotor, berkaitan dengan KKN, dan banyak lagi. tapi mungkin saja itu memang ada pada sistem lama untuk tes masuk CPNS. tapi ayah aku yang seorang pns masuknya murni kok untuk menjadi pns, dia menjadi pns sekitar tahun 80-an lah katanya dan juga yang paling penting itu seberapa keras kita berusaha untuk belajar dan menaklukkan soalnya *tsaah. sedangkan yang aku ikuti tes CPNS untuk tahun ini yaitu dengan sistem baru yaitu sistem Online. dan tahun ini pertama kali digunakan. memang pada awal pendaftaran administrasinya banyak ditemukan error pada website bkn karna membludaknya yg ikut dafar CPNS sedangkan website tak mampu menampungnya. tapi bisa diatasi oleh pemerintah. dan aku juga bisa dibilang sangat bangga karna aku murni lulus CPNS tahun 2014 untuk kementerian perhubungan ini tanpa ada orang dalam atau sogok menyogok. dan yang paling bangga tentunya ortu aku..

lulus CPNS formasi tahun 2014

Well, kayaknya aku udah panjang kali ceritanya nih. tunggu artikel aku selanjutnya untuk kelanjutan ceritanya ya. biar ada rasa penasarannya gitu sikit dari kalian para netizen *ciyaelah.

Intinya untuk 6 bulan belakang ini, sesuai dengan judul artikel aku. terjadi perubahan yang tak terduga dalam perjalanan hidup aku. dari yang bercita cita menjadi pilot saat kecil, meleset ke calon engineer karna kuliah di perteknikan, dan akhirnya takdirpun berkata lain juga untuk saat ini, sepertinya aku akan menjadi pegawai negeri sipil yang tentunya akan melayani masyarakat denagn sepenuh hati. dan aku senang dengan itu, akhirnya aku mulai melihat takdir aku untuk kedepannya.

Well, see you at next articel guys. wait me yaaay...


0 komentar to “perubahan yang tak terduga”

Posting Komentar

 

Wiga Maulana Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates