Kamis, 20 Oktober 2011

Rear Wheel Steering on MotoGP

,
wiGa's Blog - kali ini saya akan membahas seputar informasi-informasi yang ada di balapan MotoGP,ada yang tau gak rear wheel steering itu apa ? dan apa hubungannya dalam balapan MotoGP ? saya akan mengulas informasinya kepada anda semua tentang apa itu rear wheel steering ;)




Rear Wheel Steering (RWS) adalah salah satu teknik mengarahkan atau membelokkan motor agar sesuai jalur (racing line) melalui roda belakang dengan memanfaatkan power motor itu sendiri (perhatikan ban belakang dari motornya guys \(^o^)/ ). Teknik RWS atau yang biasanya lebih familiar disebut orang-orang dengan Sliding ini banyak digunakan para pembalap MotoGP. Saat memasuki tikungan lambat, mereka dapat melibas tikungan ini dengan cepat dengan cara melakukan slide pada roda belakang dan sedikit menekuk setang ke arah yang berlawanan dengan arah tikungan. Sehingga motor dapat tetap terarah pada racing line dan tidak melebar tanpa mengurangi kecepatan sedikitpun saat melewati tikungan.Catatan waktupun akan semakin terpangkas dengan digunakannya teknik ini.

aksi Sliding Valentino rossi bersama Rc211V pada tahun 2003

Salah satu pembalap Moto GP yang sering melakukan teknik RWS adalah pembalap veteran Garry McCoy. Saat melewati tikungan yang lambat ia sering menggeber abis motor Yamaha YZR 500-nya untuk melakukan slide pada ban belakang dan menekuk stang berlawanan dengan arah tikungan.Hasilnya, tikungan lambat tersebut dapat dilewati dengan waktu yang lebih cepat. 

aksi Sliding Valentino rossi bersama Yzr-M1 nya pada tahun 2004

Sampai saat ini, era Moto GP 4-tak 800cc, teknik RWS masih banyak dipakai oleh para pembalap MotoGP walaupun pada ban belakang motor mereka pada era ini dan seterusnya diaplikasikan launch control dan traction control.fungsi dari launch control ini dimana seluruh data elektronik dikerahkan mengatur traksi ban belakang dan Torsi motor. Sementara traction control merupakan  pembacaan data pada ECU motor akan mengatur pergerakan (traksi) pada ban belakang saja , dan otomatis jarang sekali pembalap sekarang melakukan aksi sliding ditikungan karena traksi roda belakang dan torsi gas mereka telah diatur oleh piranti elektronik tersebut karena ruang untuk melakukan aksi tersebut sekarang semakin kecil.


Teknik RWS bukan berasal dari MotoGP, lah jadi darimana asalnya ? :O . rupanya asal teknik ini diadopsi oleh pembalap MotoGP dari balap motor Speedway, seperti tampak pada gambar diatas. Para pembalap Speedway melibas tikungan dengan melakukan sliding pada roda belakang dan menekuk stang sampai mentok. Sehingga didapatlah posisi membelok seperti pada gambar. Bedanya, pada Moto GP para pembalap hanya sedikit saja menekuk stangnya karena trek yang dilalui adalah aspal bukan tanah seperti pada Speedway.

aksi Sliding Nicky hayden bersama Rc212V pada tahun 2008
itulah informasi seputar Rear wheel steering , semoga bermanfaat dan menghibur ;)
berikut saya berikan video-video aksi Sliding para raider motogp dari yang lama sampai yang terbaru hari minggu tanggal 16 oktober 2011 kemarin :

Valentino Rossi sliding in jerez 2003


Nicky hayden sliding in estoril 2006


nicky hayden sliding in indianapolis 2008


casey stoner in catalunya 2011


casey stoner in phillip island 2011

1 komentar:

Posting Komentar

 

Wiga Maulana Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates