Senin, 25 Juni 2012

MotoGP minim overtake

,
wiGa's Blog - Motogp yang sekarang dengan Motogp 10 tahun yang lalu jauh sangat berbeda , beda dari segi peraturan , teknologi dan aksi salip menyalipnya . sesuai dengan judul artikel kita , motogp yang sekarang minim overtake ? kok bisa ? mengapa demikian ? 





sejak banyaknya regulasi-regulasi yang mulai dari diaplikasikannya piranti elektronik ke motor balap sampai regulasi pemasok ban tunggal membuat skill para rider dinomor duakan.jadi yang  dinomor satukan sekarang apa ? teknologi , yup kemajuan teknologi yang semakin pesat diberbagai bidang dan contohnya dibalapanpun sekarang para ilmuwan ilmuwan mencoba untuk mengembangkan teknologi motor balap secanggih canggihnya sehingga skill balap dari para rider menjadi tidak berarti lagi dan bisa dibilang menjadi nomor dua dalam balapan.nah , permasalahannya sekarang nih , kalau skillnya para rider dinomor duakan otomatis minimnya aksi salip-menyalip antar rider dan bukannya tidak ada aksi salip menyalip antar pembalap namun sangat kecil kemungkinannya , Karena waktu antara pengereman dan masuk tikungan jauh lebih kecil, maka waktu untuk menyalip menjadi kurang. Di masa lalu, terutama dengan 500, mereka para pembalap punya 30-40 meter untuk menyalip. mereka juga bisa masuk tikungan sedikit lebih lambat. Jadi semuanya terjadi lebih lambat, mereka memiliki lebih banyak waktu dan lebih mudah untuk menyalip. Jika satu rider ada di belakang dan ingin menyalip, sepuluh tahun yang lalu itu lebih mudah. Sepanjang lap mereka memiliki empat atau lima tempat untuk menyalip. Sekarang mungkin maksimal satu atau dua kali overtake dalam satu lap.


salah satu piranti elektronik - launch control


Kini Motogp semakin minim overtake , baik barisan depan maupun belakang overatake tak sebanyak dulu. Valentino Rossi berkali-kali menjelaskan bahwa motor Motogp sekarang susah sekali diajak salip-menyalip. Mengapa ? Hmm , mungkin disini ada sedikit pencerahan apa aja sih yang bikin overtake jadi susah banget , mari kita liat :


1. REGULASI , dengan adanya piranti elktronik / ECU berlebihan kini motor lebih cepat ditikungan , titik pengereman menjadi lebih dekat pula dari tikungan. Motor benar-benar maksimal ditikungan , yang membuat racing line hanya 1 jalur alias gak ada pilihan , pembalap yang salah jalur susah balik lagi ke racing line yang benar. Makanya overtaking di era sekarang ini luar biasa , susah bro..!!

2. BAN , meski telah kembali ke 1000cc piranti elektronik tetap ada yang menyebabkan kompon ban 1000cc yang sekarang dan 1000cc yang dulu beda banget. Ban yang sekarang cepet aus , gak kayak dulu yang bisa lengket ke aspal dari start ampe finish (sewaktu masih ada Michelin). Jadi balap kini seperti bukan adu kencang tapi adu irit ban.....!!

3. KONSISTENSI POIN , Motogp kini sedang ada di level tertinggi dimana semuanya pembalap hebat dan pernah juara dunia. Rata-rata rider masih muda dan berbakat. Sayang tak diimbangi dengan jumlah pembalap yang banyak sehingga poin sangat berharga tiap race. Dulu jatuh 3 race aja masih bisa juara dunia , sekarang mustahil , karena semua pembalap telah belajar konsisten. Hasilnya pembalap lebih pilih cari aman saja. Contohnya :pada tahun 2011  Lorenzo di Jerez & Portugal punya kesempatan lebar menyalip Stoner hampir sepanjang lomba , tapi sepertinya intimidasi gaya bertahan Stoner yang liar membuat Lorenzo cari aman saja.



Edwards Bridgestone Rider MotoGP Peringatkan Bridgestone
ban terlalu cepat aus


pada tahun 2012 ini , memasuki era 1000 cc ini para pembalap disuguhkan oleh power yang besar dan kecepatan yang tinggi pada motornya , namun dengan masih adanya piranti elektronik kita masih akan melihat balapan yang minim overtake.pada era 1000 cc ini juga timbul masalah baru pada motor pembalap yaitu chatter(getaran) pada bagian tertentu motor  yang disebabkan oleh ban yang kurang memadai , dan power yang terlalu besar.bukan itu saja,kini dalam balapan pembalap juga dipaksa untuk berpikir bagaimana menghemat ban selama race berlangsung sebab dengan power yang tinggi di mesin 1000cc , bobot motor yang ditambah 6 kg  membuat ban yang digunakan para pembalap cepat aus.dari komentar beberapa pembalap , ban sudah aus ketika memasuki lap 5-10 , berbeda dengan dimasalalu ketikan ban sudah mulai aus ketika 3-1 lap terakhir.sampai kapan MotoGP berlangsung dengan minimnya overtake ?




0 komentar to “MotoGP minim overtake”

Posting Komentar

 

Wiga Maulana Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates